Thursday 5 January 2017

PERKEMBANGAN KERAJAAN BERCORAK HINDU-BUDHA DI INDONESIA

Assalamualaikum sobat… kali ini saya akan membahas materi tentang Ilmu Pengetahuan Sosial yang berjudul Perkembangan Kerajaan Bercorak Hindu-Budha di Indonesia.
Untuk mengetahui perkembangan secara singkat nya mari simak materi berikut. Selamat membaca….

PERKEMBANGAN KERAJAAN BERCORAK HINDU-BUDHA DI INDONESIA
Kerajaan yang bercorak hindu-budha di Indonesia di antaranya:
1.       Kerajaan Kutai
Merupakan kerajaan yang pertama bercorak Hindu. Kerajaan ini terletak di tepi sungai Mahakam Kalimantan Timur. Raja pertama yang memimpin kerajaan Kutai adalah Kudungga. Kemudian disusul oleh Asmawarman dan Mulawarman. Peninggalannya berupa prasasti Yupa. Di dalamnya terdapat tulisan yang menggunakan huruf Pallawa dan dengan bahasa Sansekerta.
2.       Kerajaan Tarumanegara
Kerajaan ini terdapat di Jawa Barat. Daerah kekuasaannya meliputi bogor, tanggerang, bekasi, dan DKI Jakarta. Prasasti yang ditinggal kerajaan ini cukup banyak yaitu: Ciaruteun, Bogor, Jambu, Muara Cianten, Tugu, Pasir Awi, dan Banten. Salah satu raja yang terkenal dari kerajaan ini adalah Punawarman.
3.       Kerajaan Sriwijaya
Agama budha merupakan agama resmi Negara. Kerajaan Sriwijaya juga merupakan pusat penyebaran agama ajaran agama Budha di Asia Tenggara. Sriwijaya mencapai masa keemasan pada masa pimpinan Balaputra Dewa.
Pada abad ke-14 kerajaan Sriwijaya runtuh karena banyak serangan dari kerajaan lain seperti kerajaan Cola dari India dan “ekspedisi Pamalayu” dari kerajaan Singosari di Jawa Timur.
4.       Kerajaan Mataram Kuno di Jawa
Kerajaan mataram kuno berdiri pertama kali di Jawa Tengah. Keterangan mengenai kerajaan ini didapatkan dari prasasti Canggal yang ditemukan di daerah Magelang. Di dalam prasasti tersebut terdapat informasi tentang raja Sanjaya yang dikenal merupakan pendiri kerajaan mataram kuno. Peninggalan sejarah yang terpenting dari kerajaan Matarm Kuno adalah candi Prambanan atau candi Roro Jonggrang bercorak Hindu yang dibangun oleh raja Balitung. Pada masa raja Balitung merupakan masa keemasan Mataram Kuno. Serta candi Borobudur yang bercorak Budha terdapat di kabupaten Magelang.
5.       Kerajaan Singosari
Kerajaan ini di dirikan oleh Ken Arok dan mencapai kejayaannya pada masa raja Kertanegara. Pada masa Kertanegara inilah kerajaan Singosari melakukan serangan ke Malaka untuk menguasai selat tersebut yang dikenal dengan Ekspedisi Pamalayu.
Pada masa Singosari lahir kitab Negara Kertagama yang dikarang oleh Mpu Prapanca yang merupakan sumber dari kerajaan Singosari.
6.       Kerajaan Majapahit
Kerajaan Majapahit berhasil dibangun oleh Raden Wijaya yang merupakan salah satu menantu dari Kertanegara. Raden Wijaya berhasil mendirikan kerajaan Majapahit setelah mengalahkan Jayakatwang dan mengusir tentara Mongol dari tanah Jawa.
Kerajaan ini menjadi kerajaan yang besar ketika diperintah oleh Hayam Wuruhyang dibantu oleh seorang mahapatih, yaitu Gadjah Mada. Ketika menjabat sebagai patih, Gadjah Mada pernah mengucap sumpah yang terkenal dengan  Sumpah Palapa (Amukti Palapa). Isi sumpahnya yaitu tekad untuk menyatukan seluruh wilayah Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit. Pada tahun 1400, kerjaan Majapahit runtuh. Ada beberapa hal yang menyebabkan runtuhnya kerajaan besar ini yaitu:
-          Dipecatnya patih Gadjah Mada karena telah mengobarkan perang Bubat
-          Melemahnya kerajaan akibat perang saudara atau Perang Paregreg.
-          Serangan dari kerjaan Islam Demak.

Mungkin itu ulasan singkat dari materi Perkembangan Kerajaan Bercorak Hindu-Budha di Indonesia.
Terimakasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum…..


No comments:

Post a Comment